Rabu, 20 Oktober 2010

kimono


KIMONO
Taukah kamu KIMONO?
Kimono berarti baju atau sesuatu yang dikenakan, merupakan baju tradisional jepang. Pada zaman meiji baju tradisonal jepang ini disebut Wafuku, tapi ketika mereka mengenal kebudayaan barat semua yang berhubungan dengan baju mereka menyebutnya kimono/gofuku. Itu untuk membedakan baju barat dan baju jepang.
Baju kimono ini memiliki tingkatan formalitas pada masing-masing kimono. Formalitas itu ditentukan dari tenunanya, dimana kita harus menyadari kapan harus memakainya, pada saat formal ataupun santai.
Macam2 kimono:

           Kurotomesode  (arti harfiah: tomesode hitam)
Kimono formal yang dipakai oleh orang yang sudah menikah, biasanya kimono ini berwarna hitam.   Dan dipakai saat mengahadiri resepsi pernikahan.
 Irotomesode (tomesode berwarna)
Tergantung pada tingkat acara, dipakai pada saat acara yang tidak meperbolehkan memakai Kurotomesode.
Kimono ini bisa dipakai oelh orang yang sudah atau belum menikah.
Jenis pakaian formal ini dipakai saat pernikahan, pesta. Dan dikenakan pada saat acara seijin shiki,cirri khas dari kimono ini memilki banyak motif warna dengan lengan yang agak panjang ke bawah. 
 Homogi dipakai saat upacara minum the atau saat berkunjung ke rumah tema
 Iromuji
Pakaian semiformal, yang terdapat lambang keluarga yang terdapat di lengan, punggung atau     dada.  Kalo dipakai saat upacara minum the bisa juga tapi hanya memakai 1 lambang keluarga saja.              
Tsukesage              
Yukata
Kimono santai yang biasa dipakai pada saat musim panas, dengan katun tipis
Dari semua jenis kimono ini ternyata kita tahu bahwa tidak semua kimono itu sama. Jadi hati2 yang sedang pergi ke japang untuk mengahadiri sebuah acara dan harus memakai kimono, mak apilihlah kimono yang sesuai acaranya.
1
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar