Senin, 21 Februari 2011

{cerpen} President vs Ketua Osis


Oleh:Dewi nurbaeti

Alhamdulillah,akhirnya gw sampe juga di sekolah ,kalian pasti ngga bisa ngebayangin deh gw dari rumah ke sekolah setiap hari harus lomba gerak jalan sama ibu-ibu penjual ayam ,kira-kira jaraknya 3 km ya emangsih gw yang selalu jadi pemenagnya faktornya mungkin karna gw masih muda en bawaan ngga sebanyak mereka pantasalah gw jadi pemenagnya.
Ngga biasanya pagi begini madding udah dikerumunin anak-anak ,oh mungkin ini kerjaanya ola (bigosnya sekolah) setiap minggu ada aja gossip, gw ngga peduli sama gossip itu,gw harus kekelas secepatnya karna kaki ini ngga tahan ,rasanya ada besi yang nyempil disepatu dan kerumunan semut yang rusuh didalam betis,karna kelas 2 IPS 2 dilantai dua tidak ada jalan menuju roma ( eh tangga maksudnya) kecuali lewati para kerumunan itu.
Ketika gw jalan lewatin anak-anak yang sedang asik membaca en ngobrol didepan madding *tuuk* aduh siapa yang jitak kepala gw ?langsung aja balik badan ,anehnya mereka sedang asik dengan kerjaan ,gw ngga mau marah tanpa sebab didepan mereka apalagi tanpa saksi,ya udah siapapun dia mudah-mudahan dapat hidayah dari Allah amin,akhirnya gw lanjutin perjalanan *tewel*,rasanya kemarahan gw udah diambang pintu “siapa yang towel-towel pantat gw?”tanpa sadar karna kesal  sontak gw teriak kepada semua orang,suasana jadi hening kayak kuburan, suara lalat aja ngga kedengeran apalagi suara nyamuk,semua orang terdiam memandang gw dengan muka-muka yang penuh tanda Tanya,
“si..si..siapa dian..dian..diansastro..eh salah diantara kalian yang punya tangan jahil?”saking malunya berterus terang jadi terbata-bata ,tiba-tiba aja ada muka yang penuh dengan bisul seperti gunung yang siap meletus berada didepan muka disertai senyuman tanpa bersalah.
“gw ras”
“jadi elu ta ,lu memebuat gw malu”cepet-cepat gw balik arah dan terus jalan tanpa minta maaf sama semua orang,yang ini namanya tata, tata itu teman sekelas gw,dia temen curhat gw, dia anaknya temen bokap gw pokoke she is my bestfriend deh,
“tunggu ras sorry Cuma bercanda kok”
“tapi ulah lu tadi membuat orang jadi illfeel sama gw”
“elu sih pake ngga ngeliat ,padahal gw udah panggil lu berkali-kali,makanya kalo jalan jangan nunduk”  “laras tebak ada informasi apa dimading”
“palingan Cuma gossip,mungkin lanjutan cerita cinta segitiganya mang ujang”
tata geleng-geleng
“oh ketaun ya siapa yang ngambil hpnya Budina”gw mencoba jawab lagi
tata geleng lagi kali ini saking kencengnya geleng kunciran pinknya jatuh
“gw nyerah”
“ya gitu aja udah nyerah jawabanya adalah informasi persyaratan calon ketua osis”
  gubrak
“ras elu kok jatuh sih ngga ada kulit pisang ,lantainya juga ngga licin padahal mang ujang pagi-pagi buta udah ngebersihin nih lantai”
dengan senyuman palsu walupun dia ngga sadar di giginya masih ada cabe,kebiasanya sitata setiap pagi makan nasi uduk mpo lindri dulu,gw rasa nih anak ada maunya.
“gw saranin elu ikut pencalonan ketua osis,persyaratanya gampang kok tinggal ngisi biodata,buat esai tentang andai gw jadi president so pasti visi en misilu tenang aja nanti gw jadi tim sukses lu deh”
“siapa yang mau jadi ketua osis”jawab gw sambil buka-buka buku tata Negara
“lutuye sering banget bicarain tentang Negara ini,tentang naiknya BBM ,komersialisasi pendidkan ,tontonan tv buat anak-anakyang ngga ada mutunya sampe harga baju yang lu mau beli ngga turun-turun”
“eh denger ya nek gw ngga punya bakat jadi pemimipin”
“jadi elu udah pupus sama harapan lu yang pengen jadi presiden,lu punya bakat kok,lu pinter, pandai bicara,jago karate and many more”
“harapan gw jadi presiden kalo ngga kesampean jadi menantunya presiden juga boleh ,bukan jadi ketua osis”
“siapa tau persyaratan jadi presiden mendatang pernah menjabat ketua osis”
**
Wah paling enak makan bakmi nih terlintas aja dibenak gw tentang makanan,konsentrasi lagi baca  novel torey hayden terbuyarkan ,saat gw mau ngelanjutin baca hp berbunyi,’si tata’ palingan dia mau curhat
“assalammualaikum ,ada apa nek?biasanya kalo malam minggu gini lu sibuk sama komputerlu”
“walaikumusalam,eh ras lu tau ngga si abid nyalonin diri jadi ketua osis,ih diakan suka tiba-tiba dahak didepan kelas amit-amit deh,eh ada lagi aziz anak kelas 2 IPA 4 dia emang coolsih tapi kalo nanya sama dia  pasti jawabanya seribu, kitakan ngga butuh pemimipin yang banyak ngomong ya nggasih,eh terus ada fikrah lu pasti taukan anak 2 IPA1 gw yakin dia saingan terberat lu”
“gw udah bilang ‘gw ngga berminat jadi ketua osis’”
“oke deeh kita alih pembicaraan ,kalo gw boleh Tanya visi en misilu jadi presiden apasih?
“ta sebenarnya jadi president itu ngga gampang dan gw ngga pengen jadi number one di sekolah,dinegeri ini apalagi seantero dunia,tapi bila Allah mengizinkan visigw………”
***
Hari senin kita bartemu kembali,dengan pakaian yang serba putih ala cucian sendiri siap upacara,lagi-lagi madding dipenuhi orang gw jadi penasaran gara-gara tata nih
‘haah”kayak disambar petir di pagi bolong,dan badan ini jadi semakin ringan kalau gw pingsan kira-kira ada yang jagain ngga ya?
“laras selamat ya ,elu terpilih jadi calon ketua osis”
“selamat ras”semua orang memberi selamat,ini pasti kerjaanya tata,gw langsung cari dia sampe kepenjru sekolah tapi batang hidungnya ngga terlihat
“kak laras”
“eh wahid ada apa?”
‘kak laras ini surat sakit kaktata”
“sekarang dia ngga masuk karna sakit?pasti dia mau ngibulin gw”
“kak tata sakit beneran kok sekarang dia dirumah sakit”
“emang dia sakit apa?”
“lebih baik kaklaras menjenguknya dan melihat sendiri keadanya”
****

“laras udah lama datang ya ? kok kak mercy ngga ngebangunin tata?”
“baru aja datang ,udah enakan?”jawab gw sambil megang erat tangan tata
“tata kelihatannya emang sakit tapi tata ngga sakit kok.” Dengan nada suara yang lemah ia berusaha menjawabnya, “oh ya laras hari ini                                                                                                                                                                                                                                                                      gw mau minta maaf atas dua hal,sorry gw ngga pernah cerita tentang penyakit yang gw derita karna gw ngga mau orang sibuk dan mikirin gw  ,yang kedua sorry gw yang mendaftarkan elu jadi calon ketua karna umur gw ngga lama lagi, gw ngga mungkin ngeliat elu jadi presiden kan apalagi jadi menantunya” tata elu emang pinter bisa nyembunyiin itu semua dari gw,kenapa elu bisa egois gitu ?hanya ingin menderita sendirian baru hari ini gw mendapat kabar kalo elu udah stadium empat gw ini elu anggap apa?apakah gw orang yang ngga pantas mendampingi elu disaat menderita? Tata walaupun elu seperti itu elu tetep sahabat gw yang selalu ada disaat gw senang dan duka tapi gw bukan sahabat elu disaat duka, gumam gw,tak terasa air mata ini keluar begitu saja.
*****
Sambil menunggu hari H ,gw disibukin latihan bicara didepan umum,walaupun 3 th di pesantren yang notabenenya sering ceramah tapi gw rasa ini yang tersulit,setiap ada cermin entah itu ditoilet sekolah ,cerminya vini yang suka dandan sampe kaca sepion pak selamet yang selalu kinclong disitulah gw belajar bicara.
Hari yang ditunggu-tunggu tiba juga,calon-calon ketua osis akan berkampanye dan berorasi didepan masyarakat sekolah.Tepuk tanganpun terdengar,empat calon ketua osis naik keatas panggung disertai sorak sorai para pendukung,mereka silih berganti menyampaikan visi & misi mereka ,tiba juga giliran gw,ya Allah luruskanlah niatku dan bantulah hambamu ini doa gw dalam hati
“bismillahirohmanirohim ,assalamualaikum waromatullohiwabarokatu”
“bapak dan ibu guru yang saya hormati dan tak lupa teman-temanku yang saya sayangi”,
tiba-tiba aja hp ini bergetar .”adu gimana nih?” Tanya gw dalam hati , perang batinpun terjadi “adu angkat ngga ya?” “angkat ga ya?” gw pun ambil keputusan untuk menerimanya
“SMS”
     aslmlkm,lrs yg d syng
     Allah,tbh kn ht mu
     hri ni temn yg kmu
     slalu doakn telh
     bpulng k tmpt
     pemilkNya pd jm10
     ia psn kmu hrs trus
     melnjutkn pjuangnmu
     dn k mrcy psn jngnlh
     bsedih ssungghnya
     Allah bersm qt
     (k mrcy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar