Sabtu, 08 September 2012

THE HELP (Movie)


Film ini diadaptasi dari  novel of the same name (2009) by Kathryn Stockett, kisah tentang pembantu rumah tangga America di era (the early 1960s). Mengangkat isu rasisme para pembatu kulit hitam yang bekerja  pada keluarga kulit putih, semacam apharteid. ,  Film ini memenangkan beberapa penghargaan dalam academy award.


Pemain:

Synopsis:
Eugenia "Skeeter" Phelan seorang penulis kulit putih ingin membuat buku tentang ketidak adilan yang dialami para pembatu rumah tangga . Skeeter mewancarai pembantu-pembatu dari sahabat-sahabatnya yang sudah berkeluarga secara diam-diam, sebenarnya skeeter ingin tahu juga kenapa pembantunya yg ia anggap sebagai keluarganya sendiri tiba-tiba berhenti dan menghilang begitu saja,

 Awalnya ia hanya mewancarai Aibileen Clark (Viola Davis) pembantu dari sahabatnya Elizabeth (Ahna O'Reilly), Aibileen Clark  mengalami hal yang begitu pahit untuk anaknya , anaknya meninggal di usia remaja dikarenakan rumah sakit tidak menangani kecelakaan anaknya dengan baik, ia harus membawa anaknya pulang dalam keadaan memprihatinkan, dan anaknyapun meninggal di hadapanya.  Aibileen Clark tidak bisa berbuat apa karena ia hanya orang kulit hitam yang miskin. Aibileen Clark  sangat menyangi anak-anak dari para majikanya, ia berharap suatu saat ketika mereka besar tdk seperti ibu-ibu mereka.

Wawancara diam2 antara Skeeter dan Aibileen Clark, akhirnya diketahui oleh Minny sahabat Aibileen Clark yg juga seorang pembantu dari sahabat Skeeter yaitu Hilly Holbrook (Bryce Dallas Howard), minny mempergoki mereka di rumah Aibileen Clark, ia  begitu kaget skeeter bisa masuk kerumah seorang pembatu  dan ia begitu marah pada Aibileen Clark karena hal wawancara tersebut. Tapi akhirnya minny ingin bergabung dalam wawancara tersebut karena ia teringat dengan majikanya yang menyebalkan baginya. 

Minny sendiri mengalami ketikadlilan di tempat kerjanya ia harus menahan setiap ingin buang air kecil dan besar, karena majikanya Hilly Holbrook tidak sudi berbagi bathroom dengan pembantunya karena takut mereka bisa menyebarkan penyakit lewat sanitasi. Suatu hari karna minny tak tahan lagi iapun diam2 menggunakan kamar mandi tapi ketahuan oleh Hilly Holbrook, minny yang kesal juga akhinya ia jujur pada majikanya yang menyebakan dirinya di pecat. 

Hilly Holbrook dengan paham apharteidnya memberitahu semua keluarga putih untuk tidak memperkerjakan minny, sehingga minny harus mengeluarkan anaknya dari sekolah untuk dipekerjakan jadi pembatu  juga karena tidak ada keluarga kulit putih yang mau menerimana dirinya.  Minny sendiri dipukuli oleh sumaniya karena tak menghasilkan uang.  Tapi ada satu keluraga muda yang baru menikah yaitu Celia Foote (Jessica Chastain) , celia foote menikah dengan seorang yang kaya yang di kagumi wanita-wanita kulit putih di missisippi pada saat itu , karena kedengkian Hilly Holbrook pada saat itu  celia foote tidak diterima di kelompok wanita kulit putih , celia hampir tak punya teman , karena ia ingin menajdi istri yang baik untuk suaminya hampir seluruh pekerjaan rumah tangga ia lakukan sendiri, tapi akhirnya ia tak mampu dan mempekerjaan minny di rumahnya.

Celia yang berbeda dengan kulit putih lainya, ia pun tak malu makan bersama minny dalam satu meja, awalnya minny memberitahu sebuah aturan antara pembatu dan majikan tidak boleh makan satu meja tapi karena celia kesepian , minny pun mau tidak mau harus menerima hal yang baru di keluarga kulit putih ini. Minny banyak cerita tentang majikanya yang dulu Hilly Holbrook pada celia, dimana ia pernah membalas dendam membuat pie kesukaan hilly, padahal ia sudah mencampur kotorannya didalm pie tersebut. Celia terbahak-bahak mendengar cerita minny, minny juga yang memberitahu celia kenapa ia tak diterima di kelompok kulit putih, itu karena celia telah menikah dengan orang yang disukai hilly , sehingga hilly membuat isu-isu yang menyebabkan celia ditolak oleh kelompok wanita kulit putih.

Hilly Holbrook yang menjadi ketua bagi kelompok wanita kulit putih misisippi menyampaikan pesan-pesan yang berbau aphertaide, yaitu salah satunya tentang pemisahan sanitasi antara pembantu dn majikan, sahabatnya Elizabeth (Ahna O'Reilly) terpengaruh dengan hal itu yang akhirnya ia membuat toilet untuk pembatunya  Aibileen Clark  di luar rumah, sketeer sebagai sahabatnya tak setuju dengan hal itu ia hanya diam ketika dalam pertemua-pertemuan, tapi sebenarnya sketeer diam-diam sedang membuat buku tentang ketidak adilan tersebut, hilly pernah meminta sketeer untuk memasang tulisan hilly tentang hal2 yang berbau apharteid di majalah tempat kerja sketeer , tapi sketeer selalu memberi alasan-alasan palsu pada hilly kenapa tulisan tak pernah dimuat. Yang akhirnya persahabatan mereka menjadi renggang. 

Tulisan skeeterpun selesai ia memberikan draft tersebut pada Miss Stein (Mary Steenburgen an editor for Harper & Row in New York City, New York, tapi tulisan sketeer  kurang menarik karena hanya mewancarai 2 orang maid , itu belum dapat membuktikan, miss stein menyarankanya untuk mewwanacarai maid lebih banyak lagi, Aibileen Clark dan minny pun mencari para pembatu yang lain , tapi mereka tidak mau terlibat karena takut kehilangan pekerjaan, tapi akhirnya ada sebuah kejadian dimana pembantu  pengganti minny di rumah Hilly Holbrook harus masuk masuk penajara karena dituduh mencuri , sebenarnya ia mencuri karena hilly tak mau membatu dirinya untuk memberikan pinjaman uangn untuk kuliah anaknya, iapun terpaksa mencuri.

Dari sana lah para pembatu yang lain mau diwawancarai oleh sketeer, sketeer pun tak mau ketinggalan  kisah tentang pembantunya constantine yg tiba2 menghilang , dengan cara mewawancarai ibunya Charlotte (Allison Janney), ternyata constantin berhenti karena ada sebuah insident dimana ketika ibu sketeer yang baru diangkat menjadi walikota mengundang makan para tamu ibu-ibunya, constantine yang sudah sangat tua tak sengaja menjatuhkan sesuatu ketamu , ditambah anak constatine yang tiba2 datang disaat para tamu sedang makan, miss Charlotte yang dipengaruhi tamunya dengan berat hati memecatnya. Tapi miss Charlotte dengan hati bersalah mencoba menyuruh orang untuk menjemput consatatine untuk nkembali tapi  sayangnya constatine telah meninggal dunia. 

buku yang dibuat skteer sukses dipasaran dan diterima, banyak cerita2 yang ia masukan , terutama kisah sahabatnya sendiri Hilly Holbrook yang harus memakan kotoran yang di buat oleh minny karena minny ingin balas dendam, hilly harus mengaggung malu dimana rumannya dipenuhi oleh toilet-toilet atas kiriman orang tak dikenal, hasil royalti buku itu sketeer bagikan kepada para pembantu-pemabantu yang sudah berani berbicara. 

I think its have the good story, tapi tenang aja bagi orang kulit yang nonoton film ini tdk semua dari mereka setuju dengan sistem aphertaide  ada sketeer dan Celia Foote atau ibu sketer yang masih mengahargai perbedaan, 

picture 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar